MENERIMA PEMASANGAN CCTV SERVICE KOMPUTER, LAPTOP. HUB: "085852073370"
MENERIMA PEMASANGAN CCTV DAN SERVICE KOMPUTER, LAPTOP. HUB: "085852073370"
Diberdayakan oleh Blogger.

tab 1 - Click >> Edit

tab 3 - Click >> Edit

tab 2 - Click >> Edit

Tab 4 - Click >> Edit

Rabu, 16 Januari 2013

DISKRIPSI DIRI




INSTRUMEN SERTIFIKASI DOSEN

Deskripsi Diri



IDENTITAS DOSEN



1.    Nama Dosen yang diusulkan
:
AINUR RODLI
2.    NIP/NIK/NRP
:
220.88.0162
3.    Perguruan Tinggi Pengusul
:
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA
4.    Nomor Peserta
:
091272015620010
5. Rumpun/Bidang Ilmu Yang Disertifikasi
:
AKUNTANSI

















DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
2009

Lembar Deskripsi Diri

Pendahuluan

Lembar Deskripsi Diri merupakan salah satu instrumen yang digunakan dalam proses Sertifikasi Dosen Dalam Jabatan sebagai bagian tidak terpisahkan dari Portofolio Dosen.  Lembar Deskripsi Diri digunakan sebagai alat bagi dosen untuk menjelaskan keunggulan atau kebanggaan pribadi seorang dosen atas prestasi dan/atau kontribusi yang telah dilakukan dalam menjalankan karirnya sebagai dosen, khususnya terkait dengan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Lembar Deskripsi Diri (dosen) dibagi menjadi dua bagian.  Bagian pertama berkenaan dengan prestasi dan kontribusi dosen dalam kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, yang dinyatakan dalam bentuk kegiatan pengajaran, penelitian, manajemen pendidikan, pengelolaan mahasiswa, dan pengabdian kepada masyarakat.  Sementara itu, bagian kedua menjelaskan prestasi atau kontribusi dosen yang berkenaan dengan kompetensi sosial dan kompetensi kepribadiannya, yang dilihat dari aspek kemampuan mengendalikan diri dalam berbagai situasi dan kondisi, etos kerja, integritas, keteladanan, keterbukaan, kerjasama, serta kreativitas dan inovasi.

Dosen diminta membuat esai untuk setiap kegiatan di bagian pertama dan setiap aspek pada bagian kedua, sehingga akan sangat unik dan berbeda dari satu dosen dengan dosen yang lain.  Kemudian, dosen akan diminta melakukan penilaian secara objektif terhadap informasi dalam esai tersebut, menggunakan rubrik yang disediakan.  Hasil penilaian akan diverifikasi Sertifikator.  Oleh sebab itu objektivitas dosen menilai diri sendiri sangat menentukan dan dapat menjadi gambaran kejujuran profesional dosen.

Rubrik atau Panduan Penilaian Lembar Deskripsi Diri dosen memberikan rambu-rambu penilaian kualitas untuk setiap kegiatan yang dilakukan dosen berkenaan dengan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, serta untuk setiap aspek yang menggambarkan kinerja dosen dari sisi kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian.   Rambu-rambu penilaian dibuat dalam bentuk “semantic differential” dengan satu (atau lebih) deskriptor untuk setiap kegiatan atau aspek, dilengkapi dengan nilai interval dari setiap deskriptor.  Deskriptor terdiri dari satu pasang kata sifat yang saling berlawanan untuk mendeskripsikan sisi negatif atau positif dari sifat yang diterapkan.  Nilai interval terdiri dari 1-5 di mana 1 berarti nilai paling rendah dan 5 berarti nilai paling tinggi.



Petunjuk Pengisian

Dalam perjalanan karir Anda sebagai dosen, telah banyak hal Anda lakukan dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi.  Lembar Deskripsi Diri Dosen digunakan sebagai alat bagi dosen untuk menjelaskan keunggulan atau kebanggaan pribadi seorang dosen atas prestasi dan atau kontribusi yang telah dilakukan dalam menjalankan karirnya sebagai dosen, khususnya berkenaan dengan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Untuk setiap butir isian, deskripsikan diri anda secara tertulis sesuai dengan aspek yang diminta.  Contoh berikut memberi gambaran isian terhadap aspek prestasi kerja dalam beberapa tahun terakhir.


Contoh Deskripsi:

Aspek                            : Prestasi kerja dosen

Pernyataan Dosen    :

Sekitar tiga semester yang lalu, saya mulai menyadari bahwa mahasiswa saya kesulitan memahami kuliah yang saya berikan, ketika saya sajikan tanpa bantuan media visual.  Saat itu saya belum memahami teknologi media dan saya mulai mempelajarinya.  Secara bertahap saya menerapkan pemakaian media visual dalam perkuliahan, sehingga saya dapat memberi banyak ilustrasi dan melengkapi presentasi perkuliahan dengan animasi untuk memperjelas konsep, bahan, materi, proses terkait dengan bidang ilmu yang saya ajarkan.  Kelas menjadi lebih bergairah dan hidup.  Implikasi suasana pembelajaran itu, prestasi mahasiswa meningkat jika dilihat dari sebaran nilai ujian dan/atau kualitas tugas mahasiswa.  Sekarang, semakin banyak dosen di universitas saya yang mengikuti model pembelajaran ini.



BAGIAN I

Deskripsikan dengan jelas apa saja yang telah Anda lakukan yang dapat dianggap sebagai prestasi dan/atau kontribusi bagi pelaksanaan dan pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi, yang berkenaan dengan hal-hal berikut. Deskripsi ini perlu dilengkapi dengan contoh nyata yang Saudara alami/lakukan dalam kehidupan profesional sebagai dosen.

A. Pengembangan Kualitas Pembelajaran (usaha dan dampak perubahan)

Jelaskan usaha-usaha Saudara dalam usaha meningkatkan kualitas pembelajaran dan bagaimana dampaknya! Berikan contoh nyata yang Saudara alami dalam kehidupan profesional sebagai dosen

Deskripsi:
Setiap semester baik semester Ganjil maupun Genap selalu memperoleh surat tugas berdasarkan SK-Rektor atas usulan Ketua Program Studi Akuntansi untuk mengajar pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya untuk beberapa mata kuliah baik untuk semester Ganjil atau Genap pada jenjang S-1 adalah sebagai berikut:
-       Pengantar Akuntansi I  
-       Pengantar Akuntansi II
-       Akuntansi Biaya
-       Statistik 
Selain mendapat tugas mengajar juga melaksanakan tugas bimbingan Skripsi dibidang Akuntansi dan juga sebagai Dosen Wali untuk mahasiswa program studi Akuntansi
Dalam melaksanakan tugas proses belajar mengajar di kelas saya selalu berusaha atau berupaya  untuk mengembangkan mutu / kualitas pembelajaran seperti:

-       Materi Kuliah / Pembelajaran
Dalam proses pembelajaran pada awalnya saya menyuruh mahasiswa membaca materi dari buku yang sudah ditetapkan oleh Program Studi sebagai buku pegangan dalam pembelajaran selama satu semester, kemudian yang saya lakukan adalah menyampaikan beberapa pertanyaan  kepada mahasiswa untuk di jawab sesuai dengan apa yang diketahui oleh mahasiswa dengan membaca materi yang sudah disepakati sebelumnya setelah itu saya menjelaskan. Ternyata saya menganggap masih kurang efektif karena mahasiswa belum dapat dengan jelas memahami intisari materi yang  diajarkan. Berdasarkan kenyatan di atas maka saya mulai melakukan persiapan pembuatan hand-out dan buku ajar serta buku wajib sebagai refernsi, harapan saya   dengan metode pembelajaran seperti itu mahasiswa dapat  memahami, ternyata mahasiswa ada perkembangan didalam mejawab pertanyaan-pertanyaan yang saya lontarkan dan diskusi juga mulai berkembang. Apabila dalam menjawab pertanyaan yang belum memahami maka saya akan menjelaskannya.
Hand-out yang saya buat sesuai dengan Satuan Acara Perkuliahan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Program Studi Akuntansi. Materi hand-out yang dibuat sebagian besar  dari Buku Refernsi sedangkan yang lainnya berasal dari hasil kajian, penelitian yang sesuai maupun dari Internet. Dengan demikian kualitas proses belajar mengajar selalu berkembang sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan yang ada.

-       Metode Kuliah / Pembelajaran
Kesulitan dalam pengendalian kelas   biasanya disebabkan karena motivasi belajar mahasiswa rendah, dapat dilihat dengan beberapa mahasiswa bicara atau ngobrol sendirian ditambah lagi dengan tatapan yang kosong , sehingga akhirnya saya menerapkan beberapa strategi pengelolaan kelas dengan beberapa hal sebagai berikut:
a.    Mengatur intonasi suara agar enak didengar, selain itu juga cara berpakaian dengan menggunakan pakaian yang rapi , sopan dan menarik serta sering diselingi dengan beberapa joke agar mahasiswa tidak ngantuk .
b.    Selalu memberikan tugas untuk diselesaikan di rumah pada akhir setiap tatap muka untuk mata kuliah Pengatar Akuntansi, Statistik dan Akuntansi Biaya, apabila tatap muka berikutnya tugas tersebut dikumpulkan serta dibahas apabila ada mahasiswa meminta penjelasan.
c.    Media yang digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas pada awalnya  berupa papan tulis, namun untukn lebih memberikan pemahaman kepada mahasiswa agar lebih baik maka dalam proses belajar mengajar dikelas   digunakan OHP, LCD.
Dari beberapa strategi penguasaan kelas di atas dan penggunaan metode pembelajaran, sehingga dalam proses belajar mengajar dapat memotivasi mahasiswa agar lebih memberika perhatian dalam kelas.

-       Evaluasi Proses Belajar Mengajar
Dalam melakukan evaluasi kepada mahasiswa dalam kelas berupa pretest yaitu sebelum kegiatan proses belajar mengajar dalam kelas saya ajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk dijawab oleh mahasiswa dalam hal ini untuk mengetahui kesiapan dan pengetahuan mahasiswa tentang materi yang akan disampaikan   dan post test, saya lakukan postest yaitu untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam melakukan proses belajar mengajar di kelas.

Pada akhir perkuliahan bisanya dalam satu semester ada 16 (enam belas) kali tatap muka dikelas, Ujian dilaksanakan 2 (dua) kali dalam satu semester yaitu Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir semester selain itu ada juga test yang lain berupa kuis dan responsi.

Untuk menilai mahasiswa yang saya terapkan selama ini adalah ditinjau dari berbagai aspek seperti Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), Keaktifan dikelas, Tugas-tugas (PR), Responsi / Kuis dan Praktek di Laboratorium Komputer untuk Mata Kuliah Statistik dan Paktek Pengantar Akuntansi I.

Hasil ujian setelah dikoreksi  di record  setelah itu dibagikan kembali ke mahasiswa sebagai umpan balik (feedback) khusus untuk Ujian Tengah Semester, Tugas-tugas dan Responsi sedangkan untuk Ujian Akhir  Semester (UAS) tidak dibagikan kembali ke mahasiswa karena sudah tidak ketemu dengan mahasiswa yang bersangkutan karena perkuliahan sudah selesai, tetapi mahasiwa dapat melihat hasil akhir atau nialai akhir melalui pembagian Kartu Hasil Studi untuk setiap mahasiswa


B. Pengembangan Keilmuan/Keahlian Pokok (produktivitas dan makna karya ilmiah)

Jelaskan produk karya-karya ilmiah yang telah Saudara hasilkan, baik dalam bentuk buku, penelitian, jurnal ilmiah, makalah yang dipresentasikan (dalam forum ilmiah), hak paten, hak cipta, artikel dalam media masa dan bagaimana keterkaitannya (makna karya) dengan pengembangan keilmuan Saudara! Berikan judul karya ilmiah Saudara dan yang menerbitkan/mempublikasikannya!


Deskripsi:
Produk karya ilmiah yang telah saya hasilkan berupa buku ajar, penelitian, jurnal ilmiah adalah sebagai berikut:

Buku Ajar:
1.  Buku Praktek Pengantar Akuntansi I (2004)
2.  Statistik Induktif (2005)

Dalam proses belajar mengajar buku ajar sangat membantu saya dalam memberikan materi kepada mahasiswa, dengan adanya buku ajar diharapkan mahasiswa lebih mudah memahami apa yang akan diajarkan dalam kelas dan dapat membantu mahaswa dalam berdiskusi serta berpendapat dan bertanya sehingga suasana dalam kelas akan menjadi lebih aktif atau kelas menjadi hidup.

Hasil Penelitian:

Tahun
Judul Penelitian
Jabatan
Sumber Dana
1994
Sumbangan Tenaga Kerja Anak Terhadap Ekonomi Keluarga Petani (Studi Kasus di Desa Banjerejo Kec. Panekan Kab. Magetan)
Anggota
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
1998
Pengaruh Nilai Tukar Mata Uang United States Of America (USD) Terhadap Tingkat Suku Bunga Deposito Rupiah Berjangka Satu Bulan Di PT. Unibank Tbk, Cabang Surabaya
Peneliti
Pribadi
1998
Analisis Pengaruh Beta Saham Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Otomotif Dan Komponennya, dan Perusahaan Rokok yang Go-Public di PT. Bursa Efek Surabaya (BES)
Peneliti
Pribadi
1999
Pengaruh Efektifitas Dan Efisiensi Biaya Produksi Terhadap Return On Investment (ROI) Pada PT. Sariguna Primatirta Sidoarjo
Peneliti
Pribadi
1999
Pengaruh Penerapan Konsep Economic Value Added (EVA) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Industri Semen Yang Listing di PT. Bursa Efek Surabaya (BES)
Peneliti
Pribadi
2006
Sistem Informasi Investasi Dalam Website / Internet di Kabupaten Kupang - NTT
Anggota
APBD Kabupaten Kupang - NTT
2006
Pembangunan Web Portal Pemerintah Kota Kupang
Anggota
APBD Kabupaten Kupang - NTT
2006
Pengaruh Perubahan Norma Perhitungan  Penghasilan Perdagangan Terhadap Perilaku Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus pada KPP Surabaya Pabean Cantikan
Peneliti
Pribadi
2007
Pengukuran Dimensi Kualitas Pelayanan, Kesenjangan Pelayanan Dan Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan di 30 Dinas / Instansi   Di Kabupaten Sampang
Anggota
APBD- Kabupaten Sampang
2008
Pengukuran Dimensi Kualitas Pelayanan, Kesenjangan Pelayanan Dan Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan di 10 Dinas / Instansi   Di Kabupaten Sampang
Anggota
APBD- Kabupaten Sampang


Jurnal Ilmiah:
Tahun
Judul
Penerbit/Jurnal
1997
Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Activity Base Costing System
Majalah Ekonomi dan Bisnis (EKBIS) Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945  Surabaya
2000
Memperluas Wacana Akuntansi Dalam Manajemen
Majalah Ekonomi dan Bisnis (EKBIS) Fakultas Ekonomi Untag Surabaya
2002
Analisis Empiris Pengaruh Pengumuman Dividen terhadap Harga Saham  Pada Perusahaan Manufaktur yang Go-Publik di Bursa Efek Jakarta
Majalah Ekonomi dan Bisnis (EKBIS) Fakultas Ekonomi Universitas 17   Agustus 1945  Surabaya
2004
Buku Praktikum Pengantar Akuntansi I
Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945  Surabaya
2005
Statistik Induktif
Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
2006
Pengaruh Perubahan Norma Perhitungan  Penghasilan Perdagangan Terhadap Perilaku Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus pada KPP Surabaya Pabean Cantikan
Majalah Ekonomi dan Bisnis (EKBIS) Fakultas Ekonomi Universitas 17   Agustus 1945  Surabaya
2006
Analisa Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham di Bursa Efek Jakarta
Majalah Ekonomi dan Bisnis (EKBIS) Fakultas Ekonomi Universitas 17   Agustus 1945  Surabaya
2007
Pengukuran Dimensi Kualitas Pelayanan, Kesenjangan Pelayanan Dan Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Di Kabupaten Sampang
Majalah Ekonomi dan Bisnis (EKBIS) Fakultas Ekonomi Universitas 17   Agustus 1945  Surabaya

    
Pelatihana / Workshop, Seminar, Lokakarya dan Simposium yang pernah saya ikuti antara lain:

a.   Bidang Metode Pembelajaran :

Tahun
Judul
Penyelenggara
1992
Penataran Teori Akuntansi Bagi Dosen PTS Kopertis Wilayah VII
Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga
1993
Lokakarya dan Rekonstruksi Kuliah (Applied Approach) Bagi Dosen PTS
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
1994
Workshop Mata Kuliah Cost Manageement
Pusat Pengembangan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada.
1997
Seminar Auditing dan Akuntansi Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
1998
Seminar Tanggung Jawab Moral Profesi Akuntan di Surabaya
Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Cabang Jawa Timur
2001
Simulasi Komputer Untuk Mata Kuliah Manajemen Keuangan
Fakultas ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
2001
Workshop Mata Kuliah Manajemen Portofolio dan Ivestasi
Fakultas Ekonomi Universitas 17 agustus 1945 Surabaya
2002
Pelatihan Program Komputer Akuntansi Value Plus bagi Dosen Akuntansi.
Fakultas Ekonomi Universitas 1945 Suirabaya
2004
Workshop ”Manajemen Resiko Perbankan”
Fakultas Ekonomi Universitas 17 agustus 1945 Surabaya
2007
Seminar Perubahan dan Tata Cara Pelaporan PPN dan PPn BM, serta PPh Orang Pribadi
Pusat Pengembangan Akuntansi dan Perpajakan Fakultas Ekonomi Universitas 17   Agustus 1945 Surabaya
2007
Workshop e-SPT PPN
Pusat Pengembangan Akuntansi dan Perpajakan Fakultas Ekonomi Universitas 17   Agustus 1945 Surabay bekerja sama dengan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKAPI) Jawa Timur
2007
Pelatihan Komputer MYOB Accounting Bagi Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi Untag Surabaya
Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
2008
Workshop ”Sosialisasi Amandemen Undang-Undang Pajak Penghasilan 2008 dan Sunset Policy
Tax Center Politeknik Universitas Surabaya (UBAYA) bekerja sama dengan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKAPI)






      
   
b.    Bidang Pengembangan Perguruan Tinggi dan Kurikulum

Tahun
Judul
Penyelenggara
1997
Seminar Hasil Penelitian “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Dosen Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
1999
Sosialisasi Penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Akuntansi
Pusat Pengembangan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada dan Kompartemen Akuntan Pendidik Ikatan Akuntan Indonesia
1999
Strategi Penerapan Kurikulum Nasional Program S-1 Akuntansi
Pusat Pengembangan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada dan Kompartemen Akuntan Pendidik Ikatan Akuntan Indonesia
2001
Disclousure Index Training
Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga Bekerja Sama Dengan Sustainable Indonesia Growth Aliance dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Kompartemen Akuntan Pendidik Perwakilan Surabaya
2002
Workshop “ Pendidikan Profesi Akuntansi “
Pusat Pengembangan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada Bekerja Sama Dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Kompartemen Akuntan Pendidik
2002
Seminar Nasional ” Kurikulum Nasional Pendidikan Tinggi Akuntansi ”
Pusat Pengembangan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada Bekerja Sama Dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Kompartemen Akuntan Pendidik
2003
Sosialisasi Dan Training Atas Petunjuk Teknis Pemeriksaan Perhitungan APBD Dengan Memberikan Opini Audit
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Pusat Pendidikan dan Latihan
2004
Pelatihan Pengembagan Kurikulum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Menuju Persaiangan Memasuki Pasar Kerja di Surabaya
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
2006
Sosialisasi Undanga-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang surabaya Koordinator Jawa Timur bekerja sama denga Forum Dosen Ekonomi Surabaya (FORDES)
2007
Lokakarya Nasional ” Pengembangan Kurikulum dan strategi Pembelajaran Inovatif di Pendidikan Tinggi Akuntansi
STIE Perbanas Bekerja Sama Dengan Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik Wilayah Jawa Timur


c.     Bidang Statistik dan Penelitian :
Tahun
Judul
Penyelenggara
1994
Penataran Dasar-Dasar Statistik Untuk Pengolahan Data Penelitian Bagi Dosen-Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah VII
Kopertis Wilayah VII
1998
Seminar Nasional Riset Akuntansi dan Bisnis
Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Kompartemen Akuntan Pendidik bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
2002
Pelatihan Komputer Statistik Program SPSS
Fakultas Ekonomi Universitas 1945 Suirabaya
2003
Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah
Fakultas Ekonomi Universitas 1945 Surabaya
2003
Pelatihan Structural Ecuation Modelling (Pemodelan Persamaan Struktural)
Lembaga Penelitian Universitas Airlangga


   
d.     Bidang Pengembangan Diri :
Tahun
Judul
Penyelenggara
2004
Pelatihan Internet bagi Dosen Fakultas Ekonomi Untag Surabaya
Laboratorium Komputer Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945  Surabaya
2007
Pelatihan Life Skill Sablon dan Kewirausahaan
Lembaga Pengembangan Masyarakat Tiga Sejahtera bekerja sama dengan Pengurus Daerah Kolektif KOSGORO 1957 Jawa Timur

e.     Bidang Ekonomi, Manajemen dan Bidang Lain:  
Tahun
Judul
Penyelenggara
1997
Penataran Calon Penatar P-4 (TOT)
BP-7 Kota Madya Daerah Tingkat II Surabaya
2001
Upaya Pemberdayaan Pemerintah Daerah dan Masyarakat Dalam Kerangka Desentralisasi Pembangunan
Program Pasca Sarjana Universias 17 Agustus 1945 Surabaya Bekerja Sama Dengan Fakultas Ekonomi  Universitas 17   Agustus 1945 Surabaya.
2001
Peran Teknologi Informasi Dalam Pegembangan Usaha Kecil Menegah
Forum Komunikasi Teknologi Tepat Guna Provinsi Jawa Timur Bekerja Sama Dengan Balitbang Provinsi Jawa Timur
2004
Workshop ”Manajemen Resiko Perbankan”
Fakultas Ekonomi Universitas 17 agustus 1945 Surabaya
2004
Penyehatan Perusahaan dan Prospek Dunia Usaha Pada Era Pemerintahan Baru
Fakultas Ekonomi Universitas 17 agustus 1945 Surabaya
2004
Liberalisasi dan Globalisasi Ditinjau Dari Prespektif Indonesia dan Malaysia .
Universitas 17 agustus 1945 Surabaya bekerja sama dengan Universitas Utara Malaysia
2005
Prospek Perekonomian Tahun 2005 Tentang Peluang di Sektor Riil dan Perbankan Serta Perenan Kewirausahaan Indonesia
Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang surabaya Koordinator Jawa Timur
2005
Improving Good Corporate Governance Base On Organization Culture Approach
Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang surabaya Koordinator Jawa Timur
2006
Pancasila dan Tantangan di Era Global
Universitas 17 Agustus 1945 Suraya
2006
Pemberdayaan Budaya dan Masyarakat Flores sebagai Budaya Nasional
Perhimpunan Masyarakat Flores di Jakarta
2007
Nasional Single Window dan ASEAN Single Window di Indonesia
Departemen Perhubungan
2007
Evaluasi Ekonomi dan system Keuangan 2006 serta Outlock 2007
Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang surabaya Koordinator Jawa Timur
2007
Fasilitasi dan Sosialisasi Pengurusan Merek bagi UKM
Pusat Pengembangan Ekonomi dan Bisnis (PPEB) Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Bekerja Sama Dengan Kantor Dinas Koperasi Propinsi   Jawa Timur

Hasil Penelitian, karya tulis ilmiah, dan keikutsertaan dalam berbagai pelatihan/workshop/seminar/simposium/lokakrya di atas sangat bermanfaat bagi saya dalam pengembangan materi dikelas, serta berkaitan dengan memotivasi mahasiswa untuk belajar, memberikan tugas dalam bentuk kasus-kasus dan mmemberikan contoh-contoh yang aktual dari hasil penelitian maupun karya tulis di atas serta pengembangan metode belajer mengajar lebih efektif.  

C. Peningkatan Kualitas Manajemen/Pengelolaan Institusi (pengelolaan, implementasi kebijakan, dan dukungan institusi)

Jelaskan upaya-upaya keterlibatan Saudara dalam pengembangan manajemen (pengelolaan)  pada unit kerja di perguruan tinggi Saudara, bagaimana implementasi dan dukungan institusi Sdr!  Berikan contoh nyata yang Saudara lakukan dalam kehidupan profesional sebagai dosen!

Deskripsi:
Upaya-upaya keterlibatan saya dalam pengembangan manajemen (pengelolaan) pada unit kerja yaitu Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya berawal dari pengamatan saya mengenai kelemahan yang timbul di Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yaitu berupa kinerja Dosen maupun Tenaga Administrasi dalam hal pelayanan kepada Mahasiswa maupun kepada Dosen. Dari masalah tersebut yang timbul maka untuk mengatasi masalah tersebut saya kebetulan saat ini masih menjabat sebagai Penbatu Dekan II, bekerja sama dengan teman-teman struktural untuk bekerja sama mengatasi masalah tersebut yaitu dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1.  Untuk meningkatkan Kinerja Dosen:
 -  Mengadakan kegiatan Coffee Morning (saya mengusulkan pada saat struktural Fakultas mengadakan Rapat Kerja) pada minggu ke 3  hari Jumat setiap bulan, untuk membahas tentang pengembangan fakultas dan saling memberi masukkan dalam permasalahan akademik maupun non akademik, mempresentasikan oleh dosen yang ditugaskan oleh Fakultas Ekonomi Untag Surabaya mengikuti pelatihan/workshop, simposium di luar lembaga Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya kepada teman-teman Dosen.
-   Memotivasi teman-teman dosen dalam hal melakukan peningkatan kemampuan belajar mengajar yaitu selalu mengikuti seminar, workshop,simposium atau pelatihan dan memotivasi untuk lanjutka kuliah ke S-3, itu yang selalu saya lakukan kepada teman-teman dosenFakultas Ekonomi Untag Surabaya.
-  Menghimbau kepada temman-teman dosen agar selalu melakukan penelitian denga cara menyusun proposal penelitian dan proposal pengabdian kepada masyarakat untuk memperoleh pembiayaan dari DIKTI.
    
2. Untuk Kariyawan Administrasi Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945  Surabaya
-   Bagi Karyawan Administrasi Fakultas Ekonomi Untag Surabaya kami usulkan diberikan pelatihan tentang “service excelllence” serta budaya organisasi, dan ini sudah dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi Untag Surabaya dan ternyata membawa perubahan besar dalam pelayanan kepada mahasiswa maupun kedapa dosen sehingga yang biasanya komplain baik mahasiswa maupun dosen sudah berkurang.
   - Mengusulkan perlunya karyawan administrasi Fakultas Ekonomi Untag Surabaya diberikan pakaian seragam dan ini sudah dilakukan dan mendapat respon yang positif dan meningkatkat semangat kerja.
         








D.  Peningkatan Kualitas Kegiatan Mahasiswa (perubahan pengelolaan, implementasi kebijakan, dan dukungan institusi)

Jelaskan upaya-upaya keterlibatan Saudara dalam kegiatan kemahasiswaan, bagaimana implementasinya dan dukungan institusi Sdr! Berikan contoh nyata keterlibatan Saudara dalam kehidupan profesional sebagai dosen.


Deskripsi:
Keterlibatan saya dalam kegiatan mahasiswa dalam  berbagai kegiatan untuk  dapat meningkatkan dan membangkitkan suasana atmosfir akademik mahasiswa Fakultas Ekonomi Untag Surabaya antara lain:
Memberikan materi dalam pelatihan tentang cara penulisan karya ilmah dibidang metodologi, tujuannya agar mahasiswa dapat mengikuti lomba karya ilmiah , mendampingi mahasiswa dalam berbagai kegiatan antara lain olimpiade Akuntansi untuk siswa SLTA se Surabaya, panitia (Prktek Kerja Lapangan) bagi mahasiswa ke  perusahaan  untuk melihat langsung tentang kegiatan proses produksi maupun akuntansi biaya maupun akuntansi manajemennya, Baktisosial juga setiap tahun selalu menjadi panitia, membawa mahasiswa ke daerah perkebunan dan perkemahan agar mahasiswa memahami tentang keadaan alam yang sebenarnya.

E.  Peningkatan Pengabdian kepada Masyarakat (kegiatan dan implementasi perubahan, serta dukungan masyarakat)

Jelaskan upaya-upaya keterlibatan Saudara dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, bagaimana implementasi, dan dukungan masyarakat! Berikan contoh nyata keterlibatan Saudara dalam kehidupan profesional sebagai dosen.


Deskripsi:
Upaya keterlibatan saya dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah saya lakukan dengan cara :

Tahun
Kegiatan
1998
Penataran P-4 Kontekstual di Kecamatan Bubutan Keluraahan Alun-Alun Tjontong Kota Surabaya
1998
Penataran P-4 Kontekstual di Kecamatan Simokerto Kelurahan Simokerto Kota Surabaya
1998
Penataran P-4 Kontekstual di Kecamatan Tegalsari Kelurahan Keputran Kota Surabaya
1998
Penyuluhan Akuntansi Keuangan di Balai Desa Mojoagung Kecamatan Kemlagi – Mojokerto.
1999 s/d sekarang
Sebagai Dosen Pembimbing Skripsi Mahasiswa pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
1992 s/d sekarang
Sebagai Dosen Wali  Mahasiswa pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
1999
Penyuluhan Administrasi Keuangan di Balai Desa Mojogebang Kecamatan Kemlagi  - Mojokerto
1999
Penyuluhan Akuntansi Usaha Kecil di Balai Desa Manunggal Kecamatan Kudu – Jombang
2000
Penyuluhan Pembukuan Sederhana di Balai Desa Tunggak Cerme Kecamatan Wonomerto - Probolinggo
2002
Bakti Sosial di desa Besowo Pare - Kediri
2003 s/d 2006
Praktek Kerja Nyata Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
2008 s/d sekarang
Penyelenggara Ujian Sertifikasi Asuransi bekerja sama dengan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia.
Maret 2009 s/d Desembar 2009
Pembinaan dan Pengembangan Usaha Mikro “Peningkatan Kualitas SDM Pelaku Usaha Mikro di Bidang Manajemen dan Teknik Produksi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota   Surabaya

Dari kegiatan tersebut di atas berupa penataran, penyuluhan dan pembinaan atau pendampingan banyak memberikan manfaat bagi peningkatan kegiatan masyarakat misalnya dibidang pembukuan sederhana, masyarakat dapat menerapkan cara pembukuan yang sederhana sehingga mereka dapat menyusun laporan keuangan dengan baik dan benar. Pendampingan yang kami lakukan yaitu UMKM dengan harapan agar UMKM binaan menjadi lebih berkembang, semula tidak menerapkan manajemen menjadi melakukannya seprti di bidang akuntansi dapat melakukan pembukuan yang sedrhana, dalam bidang keuangan dapat dikelola dengan baik, yaitu dapat memisahkan uang pribadi dengan uang usaha (bisnis). Kegiatan ini sudah kami lakukan dengan instansi pemerintah yaitu Dinas Koperasi Kota Surabaya.
BAGIAN II

Sebagai anggota komunitas sosial, berikan deskripsi diri Anda sendiri pada aspek-aspek berikut.

F. Karakter pribadi dalam berbagai situasi dan kondisi (kendali diri, kesabaran, ekspresi perasaan, rasionalitas)

Jelaskan karakter/kepribadian Saudara yang menggambarkan kemampuan pengendalian diri, kesabaran, empati, dan rasionalitas pada berbagai situasi! Berikan contoh nyata yang Saudara alami dalam kehidupan profesional sebagai dosen!

Deskripsi:
Sebagai anggota komunitas sosial, saya dalam melakukan tidakan selalau mengedepankan kepentingan dan perasaan orang lain, apabila saya merasa tindakan atau perbuatan saya salah dalam arti tidak diterima oleh orang lain atau merugikan orang lain maka saya selalu meminta maaf, saya  senang berteman karena dengan banyak teman maka kita akan dapat bersosialisasi dengan siapa saja.

Dalam berbagai masalah saya selalu dapat mengendalikan diri terutama terhadap mahasiswa yang dalam mengikuti perkuliahan tidak memperhatikan pada saat berlangsungnya pelajaran dikelas atau ngobrol di kelas pada saat jam pelajaran, tidak menyelesaikan tugas (PR), serta tidak disiplin artinya selalu datang terlambat.

Sebagai Contoh: Mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan tidak mendengarkan tetapi ngobrol dengan temannya maka saya akan tegur dan pindahkan ke depan, karena biasanya tempat duduk di depan selalu ada yang kosong atau saya melontarkan pertanyaan saya menyuruh mahasiswa yang ngobol tadi untuk menjawab, walaupun tidak bisa menjawab ternyata dengan cara demikian cukup ampuh untuk tidak melakukan seperti itu lagi.

Untuk teman sejawat baik dosen maupun staf Tata Usaha saya selalu berperilaku seperti berikut ini:
-       Selalu menjalin hubungan baik dengan teman sejawat, atasan, staf tuata usaha serta dengan masyarakat diluar Kampus.
-       Apabila saya memperoleh proyek diluar selalu saya melibatka teman-teman sejawat yang berkopeten dibidangnya untuk membantu dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, dan apabila sudah selesai proyek tersebut maka semua teman staf tata usaha dan struktural selalu saya berikan sedikit uang dari hasil proyek tadi dan ini sudah terlaksana.
-       Dalam kesempatan mengikuti seminar/lokakrya/workshop dan sejenisnya saya selalu memberi penjelasan kepada teman sejawat yang menayakan tentang hasil dari kegiatan tersebut.
-       Apabila saya mendapatkan bahan ajar baru baik itu dari seminar/lokakarya/simposium /pelatihan atau internet selalu saya berbagi dengan teman sejawat.
-       Dalam berbagai hal saya tidak iri terhadap keberhasilan orang lain, namun saya berusaha mencari tau kiat-kiat apa yang dilakukan agar dapat jug  berhasil seperti orang tersebut

Dalam berbagai masalah untuk mengambil keputusan selalu saya memikirkan untung ruginya dari berbagai aspek. Sebagai contoh, apabila mengambil keputusan mengenai permasalahan mahasiswa maka akan saya perhitungkan keuntungan maupun kerugian bagi mahasiswa, bagi lembaga, serta saya dan orang lain.
Berdasarkan kepribadian yang saya miliki di atas maka saya harus dapat bersifat lebih rendah hati dalam arti tidak sombong, tidak dengki terhadap teman dan orang lain, panjang sabar dan selalu toleransi. Dengan demikian maka dalam melaksanakan kigiatan Tri darma perguruan tinggi akan berjalan dengan baik dan sukses.

G. Etos kerja (semangat, target kerja, disiplin, ketangguhan)

Jelaskan etos kerja  yang meliputi semangat, target kerja, disiplin, dan ketangguhan Saudara menghadapi masalah! Berikan contoh nyata yang Saudara lakukan/alami dalam kehidupan profesional sebagai dosen!

Deskripsi:
Dalam melaksanakan tugas dibidang pendidikan dan pengajaran semangat kerja saya sangat tinggi, hal ini dapat dilihat dari kehadiran belajar mengajar setiap semester selalu memperoleh penghargaan dari Dekan karena tingkat kehadiran mengajar selalu 100% masuk.
Dalam proses belajar mengajar saya selalu melakukan perbaikan atau perubahan materi mengajar.

Dalam bidang Penelitian dan Pengabdian Kapada Masyarakat selalu mencari peluang untuk memperoleh pendanaan dari Pemerintah Daerah, Dikti dan Instasi lain, namun saat ini penelitian dan pengambdian masyarakat yang saya peroleh kebanyakan didanai oleh pemerintah daera antaralain:
a.    Penelitian tentang “Sistem Informasi Investasi dalam Website / Internet Kabupaten Kupang-NTT(2006)
b.    Penelitian tentang “Pembangunan Web Portal Pemerintah Kota Kupang (2006)
c.    Pengukuran Dimensi Kualitas Pelayanan, Kesenjangan Pelayanan dan Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan di 30 Dinas / Instansi di Kabupaten Sampang (2007)
d.    Pengukuran Dimensi Kualitas Pelayanan, Kesenjangan Pelayanan dan Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan di 10 Dinas / Instansi di Kabupaten Sampang (2008)
e.    Pelatihan Produk Domestik Bruto (PDRB) dan Indikator-Indikator Pembangunan di Kota Kupang – NTT(2005)
f.     Pelatihan Total Quality Managenet (TQM) di Kota Kupang - NTT (2005)
g.    Pelatihan Pembuatan Website dan Akses Internet dalam Rangka Promosi Profil Potensi Daerah (P3D) Kota Kupang – NTT(2005)
h.    Pelatihan Analisa Input Output Daerah di Kota Kupang – NTT (2006)
i.      Pelatihan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Perencana Pembangunan Dalam Rangka Penanganan Isu-Isu Strategis di Kota Kupang – NTT (2006)
j.     Pelatihan In House Training Analisa Makro Ekonomi Bagi Tenaga Perencana di Kota Kupang – NTT (2006)

Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, saya selau melakukan konsultasi dengan atasan, meminta pendapat dari teman sejawat atau mencari solusi yang terbaik apabila saya menghadapi suatu masalah. Karena apa bila ada permasalahan itu merupakan suatu beban yang harus mengupayakan penyelesaiannya yang terbaik agar tidan menjadi beban pikiran.

Seabagai Contoh: Pengabdian Masyarakat mengenai Pendampingan UMKM, yang saya dampingi belum dapat membuat pembukuan yang sederhana, modal kuang sehinggang saya mengajak teman untuk berdiskusi dalam rangka menyelesaikan permasalahan UMKM ini bersama dengan pemilik UMKM, akhirnya solusi yang dapat mengatasi tentang permodalan kami menyampaikan kepada Dinas Koperasi untuk mendapatka modal usaha sedangkan masalah pembukuan sederhana dapat kami selesaikan dengan UMKM tersebut. Dengan demikian UMKM tersebut dapat bejalan kembali dengan baik.


H. Integritas Diri (kejujuran, keteguhan pada prinsip, konsistensi, tanggung jawab dan keteladanan)

Jelaskan  integritas Saudara dalam kaitannya dengan kejujuran, keteguhan prinsip, konsistensi, tanggung jawab, dan keteladanan  yang dapat ditunjukkan di lingkungan Saudara! Berikan contoh nyata yang Saudara alami dalam kehidupan profesional sebagai dosen!

Deskripsi:
Prinsip dalam kehidupan saya yang terpenting adalah kejujuran dan kepercayaan, oleh karena itu saya juga slalu konsisten dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peraturang yang telah ditetapkan baik oleh atasan atau pemerintah serta bertanggung jawab atas segala tugas yang diberikan kepada saya dan saya juga selalu memberi contoh tauladan kepada mahasiswa atau teman sejawat serta masyarakat sekita.
Sebagai Contoh:
1.    Taat terhadap aturan dalam proses belajar mengajer, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta mengerjakan tugas dengan tekun dan disiplin.
2.    Tanggungjawab saya sebagai dosen yaitu bekerja keras untuk mencerdaskan mahasiswa dalam mengembangkan materi ajar yaitu dengan cara membeli buku baru, browsing di Internet.
3.    Saya selalu melayani konsultasi mahasiswa bimbingan atau mahasiswa perwalian diluar jam kantor ini sabagai pelayan kepada mahasiswa.
4.    Dalam memberikan nilai kepada mahasiswa saya selalu terbuka dan sebelumnya sudah saya kemukakan kriteria dalam penilaian sehingga semua mahasiswa yang mengikuti kelas saya suadah mengetahui karena diawal kuliah sudah diadakan kesepakatan antara mahasiswa dengan dosen baik mengenai kontrak mengajar maupun tentang penilaian. 



I.  Keterbukaan terhadap kritik, saran, dan pendapat orang lain (penyikapan, penerimaan)

Bagaimana Saudara menyikapi kritik, saran dan pendapat orang lain?  Berikan contoh nyata yang Saudara alami dalam kehidupan profesional sebagai dosen!


Deskripsi:
Dalam kehidupan profesional saya sebagai dosen, saya selalu terbuka untuk menerima kritik saran dan pendapata orang lain walaupun kadang-kadang sebagai manusia normal kurang dapat menerima, tetapi saya selalu melakukan evaluasi diri serta memperbaiki   saran dan kritik maupun pendapat orang lain sesuai dengan batas kewenangan serta kemampuan saya , karena saya beranggapan bahwa manusia itu bukan segalanya mesti ada kekurangan oleh karena itu saya juga selalu meminta pendapat dari teman atau darin atasan saya.

Untuk mahasiswa apabila ada  saran kritik kepada lembaga atau ditujukan kepada dosen agar menggunakan kotak saran yang telah disediakan oleh Fakultas Ekonomi Untag Surabaya.

Sebagi Contoh: Saya selalu merespon saran, kritik terutama yang berasal dari mahasiswa tentang pelayanan adminitrasi dan Dosen baik itu kritik dan saran yang dimasukkan melalui kotak saran atau melalui SMS atau mahasiswa kadang kala langsung ke saya, yaitu dengan langkah saya melakukan klarifikasi terlebih dahulu.
Setiap akhir semeter dikelas saya selalu mengedarkan angket isian penilaian tentang cara mengajar saya, dari isian angket oleh mahasiswa sebagai bahan masukan bagi saya untuk memperbaiki proses belajar mengajar pada semester-semester berikutnya.
Oleh sebab itu dengan adanya kritik, saran dan pendapat orang lain saya dapat melakukan intropeksi diri untuk membuka diri atau membangun perubahan perubahan demi perkembangan  dan kemajuan dalam proses belajar mengajardi masa yang akan datang.












J. Peran sosial (kemampuan kerja sama, kemampuan komunikasi)

Bagaimana  kemampuan Saudara dalam menjalin kerjasama dan berkomunikasi dengan teman sejawat, staf administrasi, atasan, mahasiswa, dan masyarakat?  Berikan contoh nyata yang Saudara alami dalam kehidupan profesional sebagai dosen!


Deskripsi:
Dalam menjalin kerja sama dan berkomunikasi dengan teman sejawat dalam hal sharing materi ajar, rencana penelitian atau pengabdian kepada masyarakat dan menulis karya ilmian serta membicarakan tentang hal-hal diluar dari Tri Dhrma hanya menjalin hubungan sesama teman. Saya juga sering mengajak teman sejawat melakukan kegiatan sosial seperti menjenguk teman atau keluarga dari teman yang menderita sakit, menolong teman-teman yang mengalami musibah dan sebagainya.

Dengan atasan saya selalu berkonsultasi mengenai masalah pekrjaan yang saya hadapi, menyampaikan saran untuk pengembangan lembaga kedepan begitu juga saya mohon dukungannya apabila saya mengalami masalah dalam pekerjaan sebagi  dosen.

Dengan staf administrasi saya sering berkomunikasi dan sharing tentang permaslahan yang dalami dalam bidang pekrjaannya mengenai kegiata-kegiatan atau sekedar ngobrol pada saat istirahat untuk berbagi.

Dengan Mahasiswa saya selalu menyapa dengan pendekatan pribadi, misalnya menanyakan mengenai apa kabarnya, asalnya dari mana, sudah bekerja atau belum, apakah ada permasalahan dalam mengikuti perkuliahannya dan lain-lainya. Dengan cara demikian hal seperti itu akan memberikan manfaat bagi mahasiswa karena merasa mereka mendapat perhatin dari dosen dan ada mahasiswa yang sudah lulus beberapa tahun yang lalu masih berkomunikasi dengan kami dalam hal menyapaikan kesuksesan mau pun kesulitan yang mereka hadapi di dalam masyarakat.

Terhadap Masyarakat saya selalu berusaha untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi mereka, misalnya memberikan penataran tentang P-4 Kontekstual dan penyuluhan pembukuan sederhana bagi warga dan Pembinaan dan Pengembangan Usaha Mikro “Peningkatan Kualitas SDM Pelaku Usaha Mikro di Bidang Manajemen dan Teknik Produksi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Surabaya sebagai berikut:

Tahun
Kegiatan
1998
Penataran P-4 Kontekstual di Kecamatan Bubutan Keluraahan Alun-Alun Tjontong Kota Surabaya
1998
Penataran P-4 Kontekstual di Kecamatan Simokerto Kelurahan Simokerto Kota Surabaya
1998
Penataran P-4 Kontekstual di Kecamatan Tegalsari Kelurahan Keputran Kota Surabaya
1998
Penyuluhan Akuntansi Keuangan di Balai Desa Mojoagung Kecamatan Kemlagi – Mojokerto.
1999
Penyuluhan Administrasi Keuangan di Balai Desa Mojogebang Kecamatan Kemlagi  - Mojokerto
1999
Penyuluhan Akuntansi Usaha Kecil di Balai Desa Manunggal Kecamatan Kudu – Jombang
2000
Penyuluhan Pembukuan Sederhana di Balai Desa Tunggak Cerme Kecamatan Wonomerto - Probolinggo
2002
Bakti Sosial di desa Besowo Pare - Kediri
2003 s/d 2006
Praktek Kerja Nyata Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Maret 2009 s/d Desembar 2009
Pembinaan dan Pengembangan Usaha Mikro “Peningkatan Kualitas SDM Pelaku Usaha Mikro di Bidang Manajemen dan Teknik Produksi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Surabaya

Ternyata dalam melakukan hubungan baik dengan semua pihak amat menguntungkan bagi saya, karen banyak hal yang saya peroleh melalui kegiatan ini antara lain pengembangan kompetensi dibidang materi ajar, bersosial, berkarya, kepemimpinan, pengalaman dan berbagai pengetahuan dan ketrampilan yang dapat saya manfaatkan dalam memberikan pengajaran kepada mahasiswa.    


K. Orisinalitas (kreativitas dan inovasi)


Jelaskan kemampuan Saudara dalam menemukan dan menerjemahkan ide-ide baru untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas dalam berbagai aspek pekerjaan Saudara!  Berikan contoh nyata yang Saudara alami dalam kehidupan profesional sebagai dosen!


Deskripsi:
Untuk melaksanakan tugas Tridarma Perguruan Tinggi saya selalu berkreasi dan berinovasi, apabila saya tidak melaksanakan hal tersebut maka mahasiswa akan jenuh dan materi yang diajarkan akan menjadi tidak menarik dan out of date. Contoh: Materi pembelajaran harus selalu dilakukan perbaikan-perbaikan sesuai dengan perkembangan ilmu Pengetahuan yang terkini serta selalu menyesuaikan dengan perkembangan globalisasi.

Dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi saya sering melakukan dengan cara mencari ide-ide dari hasil diskusi teman sejawat, berpikir sendiri dan browsing di internet serta membaca buku dan literatur maupun dari jurnal-jurnal ilmiah.





Contoh: Untuk menetukan judul penelitian, saya selalu melakukan diskusi dengan teman-teman sejawat dan sering menemukannya melalui membaca jurnal ilmiah atau melalui internet. 

Deskripsi diri ini saya buat dengan sesungguhnya dan jika diperlukan saya bersedia untuk menyampaikan bukti-bukti terkait.

                                                                           


Surabaya,  22 Juli 2009

Dosen Yang Diusulkan




( AINUR RODLI )
 NRP: 220.88.0162
Mengesahkan,
Dekan/Direktur/Ketua/--






(DRS.EC.IDA BAGUS CEMPENA,MM)
 NRP 210.92.0290

Mengetahui,
Ketua Jurusan /Bagian/--






(DRS.H.ACHMAD MAQSUDI,Msi.AK)
 NRP: 220.88.0144





Comments :

0 komentar to “DISKRIPSI DIRI”


Poskan Komentar